Panduan-membuat-ruang-meeting-room
09
Agu

Panduan Arsitektur untuk Desain Ruang Meeting yang Sukses

Cara Memasang Peredam Suara Ruangan

Apakah anda Mempunyai ruangan di rumah yang khusus untuk berkaraoke, menonton film, atau bermain musik seperti di studio musik. Nampaknya hal tersebut sudah tak asing lagi di masa kini. Bukan hanya bagi orang golongan kelas atas saja, namun sebagian pemilik rumah dari kalangan menengah kini juga mulai mencoba menyediakan ruangan kedap suara untuk menikmati hiburan di rumah mereka. Dengan alasan agar tidak ingin gaduh mengganggu ketentraman tetangga. Maka dari itu Dengan memasang peredam suara ruangan di home theater atau studio home anda, maka Anda bisa bebas menonton film, berkaraoke, atau bermain drum sekalipun di rumah, tanpa harus khawatir menimbulkan kegaduhan keluar.

Untuk artikel kali ini, Lamudi akan membahas sedikit tentang cara memasang peredam suara agar ruangan tersebut menjadi kedap suara dan tidak menimbulkan kegaduhan keluar rumah, untuk menciptakan ruangan kedap suara sangatlah mudah tidak sesulit dengan apa yang anda kira. Tentunya dengan peralatan yang tepat dan pengerjaan yang cermatlah, ruangan kedap suara untuk Anda bermusik atau ruang theater rumah anda bisa terwujud. Namun sebelum saya membahas tentang tahapan cara memasang peredam suara pada ruangan, terlebih dahulu saya akan menjelaskan terlebih dahulu bahan – bahan apa saja yang digunakan dalam pemasangan peredam suara.

Bahan Peredam Suara Untuk Ruangan Kedap

Berikut adalah beberapa bahan peredam untuk ruang kedap suara yang harus anda ketahui :

Siapkan majun atau gulungan busa yang berwarna kuning untuk lapisan pertama yang akan ditempelkan ke semua permukaan dinding, diperlukan cukup banyak majun agar semua permukaannnya bisa terutupi. Siapkan karpet glasswoll Siapkan gypsum board Selanjutnya karpet standar gulungan untuk bahan penutup karpet glasswoll dan yang terakhir. Busa telur, siapkan dalam jumlah yang cukup banyak, guna busa terlur merupakan peredam yang terakhir setelah karpet glasswoll, karpet standard dan terakhir busa telur.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya kita harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dengan harga yang cukup lumayan maha. Saya akan menjelaskan langkah memasang peredam suara pada ruangan. pengalaman ini Saya dapatkan setelah saya mendapatkan banyak masukan dari beberapa sumber informasi yang saya dapat. Seperti itulah bahan bahan yang akan digunakan untuk membuat peredam suara pada ruangan, setelah semua bahannya anda dapatkan. anda bisa langsung ke tahap proses pengerjaan.
Langkah Memasang Peredam Suara Ruangan

Berikut, langsung saja kita bahas langkah langkah cara memasang peredam suara pada ruangan :

Bersihkan semua kotoran yang menempel pada dinding rumah terlebih dahulu dan pastikan ruangan yang akan digunakan tetap terjaga kekeringannya. jangan sampai ruangannya menjadi lembab, karena kelembaban akan mempengaruhi bahan busa telur, bahan ini sangat rentan terhadap air. Setelah dinding tampak bersih, Sekatlah seluruh dinding dengan mengunakan kaso, kayu atau bisa juga menggunakan rangkaian alumunium. hingga menutupi semua ruangan. Tempelkan lapis pertama bahan majun atau gulungan busa kedalam sekat kayu yang menutupi dinding. Setelah itu, barulah kita lapisi lagi dengan gypsum board hingga menutupi seluruh dinding yang terlapisi bahan pertama tersebut. Setelah gypsum terpasang barulah kita tempelkan bahan karpet glasswoll hingga menutupi seluruh ruangan, untuk memasangnya bisa langsung di paku ke rangkaian kaso atau bisa juga ditempelkam dengan menggunakan lem karet. Terakhir, Setelah anda pasang semua bahan tersebut kemudian balut dengan karpet standar, hingga menutupi seluruh ruangan, guna meredam suara agar tidak sedikitpun terdengar ke ruangan sebelah nya.

Agar ruangan kedap suara bisa terwujud secara optimal pastikan seluruh ruangan tertutup rapat. Namun apaun itu desain atau variasi bahan isolasi dan cara pengerjaannya. hal yang paling penting dalam menciptakan ruangan kedap suara adalah kenyamanan bagi si pengguna nya dengan sesusai selera masing – masing. Agar tampilan ruangan terlihat lebih elegan dan mewah, kita bisa menggunakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat sofa. Selain gampang dibentuk, banyak pilihan motif dan warna yang bervariatif .

Demikianlah hal yang saya tahu mengenai cara memasang peredam suara pada ruangan. Lihat artikel berikut untuk instalasi pemasangan studio musik pribadi dan bioskop pribadi yang bisa anda gunakan untuk menciptakan home theater atau home studio di rumah anda sehingga ruangan menjadi kedap akan suara dan tidak menimbulkan efek riuh ke luar rumah. Selamat mencoba.

Sumber: https://www.lamudi.co.id/

Ketika seorang arsitek hendak memulai biro arsitektur, berbagai cara dapat ditempuh sebagai permulaan pengembangan biro tersebut. Pada ARCHINESIA Academy tahun 2016 lalu, Arsitek Realrich Sjarief menyebutkan sepuluh cara yang umumnya ditempuh arsitek untuk mengawali biro arsitektur. Realrich mengacu pada buku Architect’s Essentials of Starting, Assessing and Transitioning a Design Firm karya Peter Piven dan Bradford Perkins. Berikut sepuluh metode yang dapat umumnya ditempuh arsitek untuk memulai biro arsitektur:

Major Client as First-Stage Booster Rocket

Pada kasus ini, sebuah biro arsitektur baru mendapatkan klien besar seperti korporat atau orang tersohor yang dapat mengangkat biro yang bersangkutan sehingga menjadi dikenal luas. Untuk melalui cara seperti ini, arsitek harus memperoleh klien yang rela mengambil resiko dan memberi kebebasan bagi konsultan untuk mendesain. Tentu desain yang dihasilkan juga harus menarik. Hal serupa juga dapat terjadi ketika konsultan yang baru dirintis memenangkan kompetisi besar yang bersifat terbuka. Contoh arsitek yang menjadi terkenal karena mendapatkan klien dan proyek yang sangat mempengaruhi karir kedepannya adalah Andra Matin ketika mendesain Le Bo Ye.

House for Mother

Salah satu cara yang paling umum dilakukan oleh arsitek-arsitek yang baru lulus dan baru akan memulai sebuah biro arsitektur adalah menggarap proyek keluarga atau bahkan proyek rumah sendiri. Meskipun umumnya proyek-proyek tersebut akan dibayar dengan sangat minim dan sering kali merupakan proyek “ikhlas”, arsitek seperti Robert Venturi menjadi ternama karena proyek rumah untuk keluarganya sendiri.

Academic Incubator

Meniti karir dengan berprofesi sebagai pengajar di bidang arsitektur dapat memberikan penghasilan dan waktu bagi Anda untuk membangun kredibilitas dan reputasi. Dosen yang ahli tentunya dapat lebih mudah dipercaya untuk mendesain. Arsitek Thom Mayne mengawali karirnya sebagai dosen dan secara bersamaan mengerjakan beberapa proyek sampingan. Setelah dia dipercayakan dengan proyek yang lebih banyak, ia akhirnya memutuskan untuk fokus menjadi arsitek penuh waktu.

Better Mousetrap (Finding a Need and Filling It)

Untuk memulai sebuah biro arsitektur, Anda dapat memilih untuk mengerjakan proyek-proyek khusus yang belum banyak dikerjakan oleh biro arsitektur lainnya. Dengan menggunakan cara ini, arsitek tentunya akan menghadapi proyek-proyek yang memiliki tantangan khusus. Arsitek juga harus berjuang untuk mengatasi tantangan karena masih sedikit atau belum ada preseden dalam penanganan proyek khusus tersebut. Yu Sing menjadi salah satu contoh arsitek yang berfokus untuk menangani jenis proyek yang khusus, yaitu rumah sederhana bagi kalangan yang kurang mampu.

Supersalesperson

Apakah Anda pandai berjualan? Kemampuan Anda untuk menjual, meyakinkan, dan membangun relasi yang baik dengan klien merupakan sebuah bakat. Kemampuan tersebut dapat membantu biro arsitektur yang baru Anda rintis untuk daat memperoleh proyek-proyek besar.

Sponsor

Beberapa biro arsitektur baru dapat memperoleh exposure melalui arsitek yang jauh lebih senior. Pastikan Anda rajin melakukan networking dengan arsitek-arsitek senior. Bisa jadi, ketika mereka tertarik melihat karya atau desain Anda, mereka dapat memperkenalkan klien-klien baru kepada Anda. Salah satu contoh arsitek yang menempuh cara ini adalah Michael Graves, seorang arsitek Amerika Serikat yang dimenangkan dalam sebuah sayembara Gedung Portlandia oleh Phillip Johnson selaku juri.

Golden Handshake

Ketika Anda berencana untuk mengundurkan diri dari biro arsitektur tempat anda bekerja sebelumnya, pastikan Anda tetap memiliki hubungan yang baik dengan bos Anda. Siapa tahu, proyek pertama dapat Anda peroleh dari bos di perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.

Spin-off

Ini adalah salah satu cara paling populer yang ditempuh oleh banyak biro arsitektur ternama. Membangun reputasi dengan meniti karir di biro arsitektur besar sambil mengerjakan proyek moonlight ― proyek sampingan yang dapat Anda kerjakan terlepas dari proyek biro tempat Anda bekerja ― menjadi pilihan menarik yang dapat Anda pertimbangkan. Cara ini sangat umum ditempuh oleh arsitek-arsitek yang bekerja di sebuah biro arsitektur dengan nama pribadi dan relatif kecil. Setelah memperoleh pengalaman yang cukup di biro tersebut, umumnya arsitek-arsitek mengundurkan diri dan memulai biro arsitektur mereka sendiri.

The Phoenix (Rebuild of An Existing Firm)

Merupakan kebalikan dari cara Spin-off. Dalam kasus ini, sebuah biro arsitektur diambil alih oleh arsitek-arsitek muda yang ada didalamnya. Masa krisis sebuah biro besar bisa jadi merupakan momentum untuk diambil alih. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan pemahaman yang luas mengenai finasial dan struktur organisasi. Cara ini memberikan peluang bagi arsitek muda untuk langsung merintis biro dalam skala besar.

Starting Small

Ini adalah cara paling umum yang dianut oleh kebanyakan arsitek. Arsitek-arsitek muda memulai biro arsitektur mereka dengan mengerjakan proyek-proyek berskala kecil. Seiring perkembangannya, mereka mulai menggarap proyek dengan skala yang lebih besar sesuai dengan perkembangan pemahaman dan pengalamannya. Biro arsitektur yang menganut cara ini tentunya harus memiliki rencana ke depan yang sudah matang. Salah satu biro arsitektur yang menggunakan cara ini adalah Aboday. Perlu diketahui, arsitek-arsitek yang umumnya menggunakan cara ini terlebih dahulu bekerja di biro arsitektur lain dalam satu jangka waktu yang tidak singkat. Tujuannya adalah agar arsitek yang merintis biro arsitekturnya dapat benar-benar memahami komplikasi proyek dari skala kecil hingga besar.

Terdapat berbagai macam cara yang dapat Anda tempuh untuk memulai biro arsitektur. Tentu yang paling penting adalah memiliki kemamuan untuk berusaha mendapatkan proyek dan melaksanakannya dengan baik secara konsisten.

Penulis: Catharina Kartika Utami

Award Winning Interior Design

AVI (Audio Visual Indonesia) merupakan jasa desain interior ruang kedap suara, akustik interior dan instalasi peralatan audio visual terbaik dan harga kompetitif di dukung oleh team desain interior dan teknisi audio visual profesional yang ahli di bidangnya. AVI melayani jasa pembuatan ruang kedap suara dan ruang akustik seperti studio musik, studio recording, studio radio, home theater, ruang karaoke / room karaoke dll.

AVI perusahaan penyediakan jasa pembuatan ruang kedap suara dan akustik interior untuk studio musik, studio recording, ruang karaoke, home theater, bioskop, studio radio, ballroom hotel, auditorium, aula, hall, meeting room, dll. AVI berdiri pada tahun 2019 dengan nama perusahaan CV. Audio Visual Indonesia. AVI telah dipercaya untuk mengerjakan berbagai project baik desain inetrior dan instalasi aplikasi audio visual di berbagai kota seluruh Indonesia.

Head Office:
Jl. Sutandiyo 050 Padokan RT 02 RW 04 Sawahan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah 57375

Website: http://avi.co.id

Telp/WA: +628812941957